Siap-siap Jalan Santai

Siap-siap Jalan Santai

Perayaan Hari Ulang Tahun (HUT) RI yang ke-65 pada tahun ini berbeda dari tahun-tahun sebelumnya. Pada tahun ini, beraneka lomba seperti makan kerupuk, tarik tambang, dan kegiatan-kegiatan lainnya tidak dilaksanakan. Semua perlombaan itu tidak dilaksanakan dikarenakan pada perayaan HUT RI yang ke-65 kali ini bertepatan dengan bulan puasa.

Anak-anak yang tinggal di jalan Lunjuk Jaya Kelurahan Lorok Pakjo Kota Palembang, merayakan peringatan HUT RI yang ke-65 dengan melakukan Pesantren Ramadhan bertempat di Masjid Al Hidayah Palembang. Acara ini digagas oleh Remaja Islam Masjid AL-Hidayah (RISMAH) yang diketuai oleh Maskun Alaya.

Acara yang dilaksanakan pada tanggal 15 Agustus 2010 ini dihadiri oleh sekitar 50-an anak-anak. Mereka berusia diantara 8 tahun sampai 16 tahun. Selain itu, acara ini juga dihadiri oleh Ketua Pengurus Masjid, Tokoh Masyarakat, dan Drs. Syarief Husen selaku pemberi ceramah.

Jalan Santai

Jalan Santai

Berbagai kegiatan yang dilakukan pada acara ini. Mulai dari ceramah agama, games-games kecil, sholat berjamaah, jalan santai secara bersama-sama dengan rute Jalan Lunjuk Jaya-Jalan Demang Lebar Daun-Jalan Ogan-Jalan Srijaya Negara-Hingga kembali lagi ke Jalan Lunjuk Jaya.

Menurut Ketua RISMAH, kegiatan ini bertujuan untuk membangkitkan semangat nasionalisme anak-anak Indonesia pada umumnya dan anak-anak lunjuk jaya khususnya. Selain itu, kegiatan ini bertujuan untuk mempererat tali silaturahim antar sesama anak-anak warga lunjuk jaya.

Walaupun acara ini hanya dilaksanakan satu hari, dari pukul 08.00 WIB – 18.00 WIB, tetapi memberikan pengalaman yang sangat berkesan bagi para peserta dan juga panitia. Salah satu peserta yang bernama Kokoh Ali (14 tahun) mengatakan bahwa ia sangat senang mengikuti kegiatan ini. Acaranya ramai dan juga asyik. Apalagi ada acara jalan santai secara bersama-sama yang ditutup dengan buka puasa bersama. Mereka juga berkeinginan agar acara-acara seperti ini lebih sering diadakan dengan tujuan agar bisa menambah keimanan dan juga semangat cinta tanah air.

Acara ini ditutup dengan buka bersama dimasjid Al Hidayah. Semua peserta bersama para panitia sangat menikmati acara ini walaupun terasa sedikit letih, tetapi yang tampak dari wajah mereka adalah keceriaan dan canda tawa. Setelah buka bersama selesai, para peserta dan panitia langsung melaksanakan sholat maghrib bersama dan kemudian pulang kerumah mereka masing-masing.

Keterangan