Kamis 29 Juli 2010 merupakan hari yang dinanti oleh para blogger kompasiana. Banyak akun-akun baru yang bertebaran demi satu buah acara yaitu Lomba Menulis Online 100 Menit 1000 Tulisan yang diadakan oleh kompasiana. Acara tersebut dilaksanakan pada pukul 14.00 WIB – 15.40 WIB.

Tapi untung tak bisa diraih. Server kompasiana sempat down selama 100 menit diakibatkan banyaknya user yang mengakses server kompasiana. Sudah barang tentu server kompasiana akan down manakala beberapa server diserbu oleh ratusan bahkan ribuan user dalam waktu yang bersamaan.

Banyak tanggapan dan kritikan yang diberikan oleh user kepada admin kompasiana. User beranggapan bahwa Admin kurang tanggap dalam memperkirakan akan terjadi lonjakan akses  yang menuju server kompasiana. Sudah sepantasnya Admin kompasiana memperkirakan bahwa akan terjadi lonjakan jumlah pengunjung dikarenakan lomba menulis online 100 menit 1000 tulisan ini memberikan hadiah yang begitu menggiurkan diantaranya yaitu Kamera DSLR Canon 500D, Notebook HP Presario, dan Blackberry 9700 Onyx.

Seperti teman-teman kompasianer yang lain, aku pun mencoba peruntungan dengan cara ikut mengirimkan sebuah tulisan. Niat awalnya sih tiga buah tulisan, tetapi dikarenakan kondisi waktu, maka aku hanya bisa mengirimkan satu buah tulisan dan itu pun harus dengan sebuah perjalanan dan pertarungan yang sangat panjang.

Berbagai cara sudah dilakukan. Hampir prustasi memang melihat dan merasakan betapa lamanya mengakses situs kompasiana. Ada sedikit kesal dalam jiwa, tapi toh kita harus tetap berfikiran positif. Kebetulan, aku tidak terlalu ambisi mengikuti lomba menulis 100 menit 1000 tulisan ini.

Sebelum kita menyalahkan Admin mengenai situs kompasiana yang down, ada baiknya kita terlebih dahulu bertanya apa sih motivasi kita. Memang, dalam hal ini Admin termasuk orang yang juga bertanggung jawab dalam hal lambatnya koneksi ke situs kompasiana. Tetapi kita juga harus mengoreksi diri kita tentang apa maksud dan tujuan kita memposting sebuah tulisan.

Seperti kita ketahui bersama bahwa seseorang itu menulis dikarenakan hanya ingin berbagi mengenai apa yang ia rasakan dan ia ketahui. Tapi tidak sedikit juga seseorang menulis dikarenakan embel-embel ingin mendapatkan hadiah dan menjadikan itu sebagai tujuan pertama sehingga apabila ia sampai tidak mengikuti lomba ini, mereka sangat kesal.

Kalau saya, mengikuti lomba ini dikarenakan hanya sebuah kebetulan. Kebetulan tinggal beberapa hari lagi pelatih Sriwijaya FC, Rahmad Darmawan akan segera meninggalkan Sriwijaya FC dan kabarnya akan menjadi pelatih Persija Jakarta serta dikabarkan juga akan membawa 10 pemain inti dari Sriwijaya FC.

Sebagai penggemar Sriwijaya FC, ada rasa sedih dan rasa kecewa. Oleh karena itu saya menuliskan sebuah surat merah jambu untuk Rahmad Darmawan sebagai ungkapan rasa cinta kami dan juga terima kasih kami karena sudah membawa Sriwijaya FC ketingkat yang lebih tinggi dan juga sudah membawa Provinsi Sumatera Selatan ketingkat Asia.

Tentu tidak salah jikalau saya memilih berbagi surat cinta kami terhadap Rahmad Darmawan pada saat lomba menulis 100 menit 1000 tulisan ini dilaksanakan. Mungkin saja, dengan berbagi catatan tentang surat cinta tersebut saya bisa mendapatkan sebuah notebook yang bisa digunakan untuk menghasilkan karya-karya yang lainnya karena selama ini aku menulis apa yang aku rasakan hanya melalui warnet.

Jadi mari kita jangan terlalu menyalahkan Admin walaupun memang tugas sebagai Admin sangat berat dalam memberikan pelayanan kepada user agar user merasa senang dan nyaman menggunakan sebuah layanan. Mari kita juga instrospeksi diri kita sendiri karena mungkin saja niat kita yang salah karena semata-mata hanya memperoleh sebuah hadiah, bukan menjalankan prinsip menulis yaitu berbagi apa yang diketahui dan dirasakan.

Seandainya kita semua sudah instrospeksi dengan kesalahan kita masing-masing, maka sudah tentu kita akan saling menghargai dan menghormati tugas dan wewenang masing-masing sehingga rumah sehat ini akan selalu berisi tulisan-tulisan dan sharing yang berisikan informasi yang berguna dan bermanfaat bagi kita semua.

®ohs87